06 April 2010

Memilih Smith Machine yang Baik

Sebagai panduan jika ingin membeli smith,baiknya perhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan sbb

1.Stopper

Untuk keamanan pastikan Smith dilengkapi dengan pengaman/stopper. Fungsi dari Stopper adalah sebagai pengaman apabila kita lepas ,kram, atau terjadi sesuatu saat kita memakai Smith tidak sempat mencantholkan pada knop yang ada. Bisa kita bayangkan jika tidak ada stopper maka beban yang berat tsb akan menimpa kita.

2.Tiang sebaiknya terbuat dari stainless

Tiang smith akan dilewati stick Bench sehari ratusan kali, bahkan ribuan kali. Untuk supaya tidak mudah aus maka baiknya terbuat dari stainless,karena stainless tidak akan rusak atau aus karena gesekan, semakin lama dipakai semakin halus saja. Beda dengan khrom yang akan mengelupas kalau kwalitas kurang bagus. Bagi yang awam untuk mengetahui stainless atau khrom tempelkan magnit saja, kalau nempel berarti bukan stainless.

3.Pastikan pakai bearing pada bagian yang selalu bergerak naik turun.

Hal ini agar gerakan naik turun tidak ada hambatan, jika ada hambatan berat bukan hanya dari beban tetapi seperti ada yang nahan. Ada sebagaian orang yang bilang Bench press lebih nyaman/los karena pada saat mencoba smith bukan yang pakai bearing.

4.Counter balance

Untuk mendapatkan pemakaian yang nyaman, dan perhitungan beban yang mudah maka pastikan memakai tehnologi counter balance, Kita tentu sering melihat orang mengangkat smith dengan mengukur berapa jengkal dari pinggir, ada juga yang hitung gelang ke berapa harus pegang stick.Jika tak dilakukan begini maka dipastikan stick Barbell akan naik sebelah/tidak seimbang..Itu bukan karena stick bengkok karena terjatuh, tetapi karena memang tidak ada penyeimbangnya,

Fungsi Counter balance juga untuk membuat nol berat dari stick barbell tersebut, jadi totalbeban yang diangkat adalah beban yang menggantung di stick , tanpa susah-susah nambahkan berat stick.
Dengan counter balance baik wanita maupun remaja akan dengan mudah memainkan smith sesuai dengan kemampuannya, Inilah yang bisa dibilang standart, karena semua kalangan bisa memakai alat fitnes dengan nyaman

5.Slubung Stick Olympic terlapisi karet

Pada sebagaian smith setelah memasang beban ada yang memakai collar ulir, untuk mengencangkan beban supaya tidak jatuh,Ini sangat menyita waktu ,Ada juga yang memakai collar jepit. Sama repotnya. Tapi jika ujung stick Olympic dilapisi karet maka setelah kita memasukkab beban ke stick tidak usah pasang apapun karena tidak akan jatuh. Karet kena gerak sedikit malah menempel keras.

6.Pertimbangan estetika

Dengan beberapa lengkungan akan tampil lebih indah, Memang untuk membuat lengkungan yang indah tanpa penyok memerlukan tehnologi tinggi dan biaya yang tidak sedikit,Ini yang membuat jenis smith menjadi barang High clas. Kita membeli alat fitnes karena mau dipakai disamping untuk kebugaran juga karena hobby.

7.Cat.

Pastikan pengecatan menggunakan tehnik powder coating, pengecatan ini melalui pemanasan 200 ‘C.Perhatikan atau ketok pelan pakai ujung jari, jika bunyinya nyaring berarti itu besi, kalau tidak berarti dempulan tebal, alat fitness beda dengan mobil yang dengan mudah masuk bengkel,Alat fitness benturan sering, masuk bengkelnya susah, jadi harus dipastikan kalau catnya bagus tidak pakai dempul tebal karena mudah pecah,tidak ada titik- titik merah di sekitar sambungan bibit karatan karena itu tehnik pengecatan model as kecil bukan pipa, sehingga kalau pakai tehnik ini dipastikan cepat berkarat dan cat cepat kuning.

8.Bangku

Bangku Smith pastikan kontruksinya kokoh, karena akan menopang beban tubuh kita beserta beban yang kita angkat, pastikan tidak goyang, Cari bangku kontruksi dengan tiang ganda.

9.Jok

Pastikan lebar jok standar, bukan sempit seperti buatan local, sehingga nyaman dipakai,bahan dari kwalitas yang bagus, terasa halus dan dingin kalau kita pegang, serta buat dobel ada sarung luarnya. Gampang bersihkannya, dan gampang perbaikannya.

www.sporttofit.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar