14 September 2009

Cara Benar Melakukan Yoga

Yoga, salah satu kegiatan yang sedang naik daun, ramai diperbincangkan dan semakin banyak yang melakukannya. Jenisnya juga banyak, seperti kundalini yoga, maupun jenis yoga lain. Berikut adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dalam melakukan Yoga:

1. Yoga perlu dilakukan pada pagi hari saat matahari terbit (waktu yang paling baik adalah Jam 05.30 sampai jam 06.30 Pagi)

2. Yoga sebaiknya dilakukan ketika perut dalam keadaan kosong, lingkungan yang bersih dan udaranya segar.

3. Jangan makan minimal 3 jam sebelum melakukan latihan yoga dan baru boleh makan setengah jam setelah selesai melakukan Yoga.

4. Pada saat melakukan Yoga, menarik dan mengeluarkan nafas selalu melalui hidung. Latihan perlu dilakukan diatas tikar atau karpet tipis yang tidak terlalu empuk.

5. Urutan yang dilakukan saat berlatih seperti pada beberapa paket spa dan yoga adalah: Pranayama, Asana, dan Meditasi; akan tetapi apabila sudah maju maka meditasi perlu dilakukan paling awal, berturut-turut : Meditasi, Pranayama, dan Asana.

6. Pada saat melakukan Yoga hendaknya tidak bicara selam satu jam.

7. Setiap hari perlu dibiasakan untuk tidak bicara selama satu jam sehingga akan muncul kekuatan mental dan pikiran menjadi tenang.

8. Latihan Yoga juga dapat dilakukan pada sore hari, perlu dilakukan minimal tiga jam setelah makan siang.

9. Yoga dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memandang usia,ras,agama, dan kepercayaan. Demikian pula doa-doa yang ***capkan pada saat meditasi dapat disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

10. Wanita Hamil perlu berhati-hati dalam melakukan gerakan.

11. Setelah melakukan selesai Yoga seseorang berdoa agar ia sehat secara fisik,mental, dan juga moral.

12. Untuk memulai latihan Yoga apabila ada yang sakit, atau memiliki penyakit tertentu,pernah operasi, harus diberitahukan kepada guru yoga untuk menghindari hal-hal atau gerakan-gerakan yang tidak boleh dilakukan oleh peserta Yoga.

13. Dalam melatih asana-asana tertentu apabila suatu posisi sulit untuk dilakukan maka jangan paksakan gerakan tersebut, asana perlu dilakukan pelan-pelan dan hati-hati.

14. Jangan tertawa saat melakukan asana dan pranayama.

15. Pada saat melakukan Yoga maka seseorang hendaknya memiliki keyakinan bahwa dia akan menjadi lebih baik dan selalu berpikiran positif.

16. Yoga yang dilakukan dengan perasaan bahagia, suasana tenang, tidak bising, dan tempat yang terbuka. Ada yang melakukan di depan rumah, lapangan badminton, lapangan hall, dll.

17. Asana-asana maupun pranayama sebaiknya dialkukan dibawah bimbingan seorang guru. Apabila belajar Yoga hanya melalui buku saja,seseorang kemungkinan salah memahami arti dari setiap asana maupun pranayama karena beberapa orang yang belajar dari buku kemudian salah paham dan melakukan seorang guru. Apabila belajar Yoga hanya melalui buku saja, seseorang kemungkinan salah memahami arti dari setiap asana maupun pranayama karena beberapa orang yang belajar dari buku kemudian salah paham dan melakukan Yoga dengan cara yang tidak benar. Buku adalah Pengetahuan untuk membantu seorang pencinta Yoga agar ia paham lebih dalam apa yang telah ia pelajari dari seorang guru.

http://departalahne.wordpress.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar