26 Oktober 2009

Tips Merawat Lapangan Futsal Indoor



Hal hal mendasar yang perlu diketahui adalah adanya obyek yang ditempelkan dengan menggunakan lem pada saat pembuatan/ instalasi lapangan futsal oleh kontraktor lapangan futsal dan kontraktor lapangan. Maka lapangan futsal harus dijaga dari kemungkinan terkena musuh utamanya yaitu air, baik dari faktor pemain ( orang) maupun dari faktor lingkungan ( daerah banjir) atau cuaca ( air hujan yang masuk) .

Untuk mitra bisnis yang berencana akan membuat lapangan baru, pada saat pembangunan base lapangan disarankan agar memperhatikan faktor saluran pembuangan air di sekeliling bangunan dan ketinggian dari lingkungan sekitar serta hal yang terpenting " jangan membuat lapisan atas base lapangan dan
rumput sintetis atau rumput futsal di aci semen" tapi cukup flooring adukan pasir dan semen saja.

Tips ini lebih khusus untuk lapangan futsal yang menggunakan ****ut sintetis sebagai pitch-nya karena lebih rentan jika dibandingkan dengan yang menggunakan matras karet ( vinyl) .

Rumput sintetis atau rumput futsal : pada saat digunakan, hal yang terjadi adalah gesekan langsung antara ****ut sintetis dan sepatu pemain, kemudian adanya keringat pemain yang menetes dan buruknya lagi jika ada pemain tidak menggunakan sepatu ( keringat langsung menempel melalui kaki) apalagi yang bertelanjang dada, semua itu pada intinya akan mengurangi daya lekat ****ut, sehingga nantinya bisa terjadi di suatu spot lapangan ada ****ut yang tidak menempel kuat/ kendor atau bahkan terlepas ( yang paling rentan adalah bagian sambungan) .

Jaring pelindung : sering kali pemain yang berlari terlalu kencang akan menabrakkan diri di jaring ini, atau sewaktu terjadi benturan badan ada saja pemain yang terdorong dan menabrak jaring yang mana hal tersebut tidak akan bisa dihindari. Akibat dari hal hal tersebut sedikit banyak akan mengurangi kekencangan jaring pelindung hingga suatu saat nanti akan menjadi kendor.

Tips perawatan :

1. Lakukan pengecekan lapangan minimal 1 kali dalam seminggu tetapi akan lebih baik jika dilakukan setiap lapangan dalam keadaan kosong, untuk melakukan pengecekan baikyan hubugin
kontraktor lapangan futsal dan kontraktor lapangan ( tidak dipakai) .

2. Jika
lapangan futsal terutama rumput sintetis futsal terlepas dan masa garansi masih berlaku segera minta kepada kontraktor futsal memperbaikinya, apabila telah lewat instrusikan segera kepada staf maintenance untuk mengelem sendiri ( supaya tidak berbeda, cari info merk lem yang digunakan ke installator) .

3. Buat tata tertib yang mengharuskan agar setiap pemain memakai sepatu dan tidak bertelanjang dada.

4. Buat tata tertib yang melarang siapapun meludah di
lapangan futsal terutama rumput sintetis futsal karena selain merusak lapangan juga mencemari lingkungan.

5. Buat tata tertib yang melarang non pemain menyandarakan atau menabrakkan diri di jaring supaya tidak mempercepat kekendoran.

6. Buat himbauan agar setiap pemain melengkapi diri dengan atribut keselamatan ( memakai kaos kaki panjang, decker, memakai sarung tangan untuk penjaga gawang dll)



Http://satriafutsal.indonetwork.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar