15 Februari 2010

Industri Peralatan Olahraga Harus Dikembangkan

Selain untuk membangun karakter bangsa, olahraga sudah menjadi entitas industri yang memiliki nilai tambah signifikan. Meskipun prestasi olahraganya secara nasional belum menggembirakan, negeri ini harus bisa mengembangkan riset dan industri alat olahraga.

Apalagi dengan diberlakukannya perdagangan bebas ASEAN-China atau ASEAN-China Free Trade Area, industri peralatan olahraga dalam negeri utamanya, yang tergolong usaha mikro, kecil, dan menengah, akan menghadapi serbuan produk murah dari China. Untuk memperkuat struktur industri peralatan olahraga domestik, dibutuhkan riset dan inovasi teknologi.


Struktur industri kecil dan menengah yang selama ini memproduksi peralatan olahraga harus segera dibenahi dengan menginjeksi bantuan permodalan, penerapan teknologi, dan proses bisnis yang lebih efektif. Tak bisa dimungkiri lagi, konvergensi teknologi informasi dan komunikasi telah mentransformasikan praktik dan manajemen olahraga.


Apalagi aplikasi internet, khususnya e-commerce, semakin mewarnai event dan industri olahraga dunia. Penting bagi negeri ini mengembangkan infrastruktur sistem informasi olahraga (sport information system) berbasis web service yang bisa digunakan oleh organisasi olahraga, entitas industri, dan masyarakat.


Tantangan pengembangan olahraga masa depan diwarnai dengan kemampuan suatu bangsa melakukan riset dan teknologi di bidang olahraga. Riset dan teknologi tersebut juga akan menumbuhkan industri olahraga serta melakukan banyak eksperimen tentang peralatan olahraga. Ada baiknya entitas industri di negeri ini belajar dari keberhasilan China mengekspor peralatan olahraga ke Amerika dan Eropa. Nilai ekspor itu tumbuh hingga dua di*** selama lima tahun terakhir.


Selain itu, industri peralatan olahraga China mampu melakukan strategi diferensiasi untuk bersaing dengan industri yang sudah memiliki nama besar. Jenis peralatan olahraga yang diekspor dari China, antara lain, peralatan golf, raket, sepatu roda dan papan seluncur (skateboard), bola, peralatan olahraga musim dingin, perlengkapan olahraga air, dan perahu karet. Standar Olimpiade


Sekitar 70 persen struktur industri peralatan olahraga China dipasok dari Provinsi Guangdong, Zhejiang, dan Jiangsu. Pemerintah China sedang berupaya agar desain dan produk peralatan olahraga, seperti raket dan bola, sesuai dengan standar Olimpiade. Entitas industri di negeri itu terus didorong untuk memproduksi peralatan olahraga menggunakan hasil riset tentang material untuk alat-alat olahraga, terutama yang berasal dari bahan komposit.


Perkembangan
alat olahraga sangat dinamis, berbanding lurus dengan perubahan dalam ilmu olahraga yang berlangsung secara cepat. Riset industri peralatan olahraga sekarang ini terfokus untuk mewujudkan personal protective equipment (PPE). Tujuan riset adalah mengidentifikasi karakteristik PPE yang penting bagi para atlet, memastikan kebutuhan mereka, serta menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif selama bermain. PPE sangat terkait dengan berbagai aspek, seperti ergonomi, psikologi, dan ilmu olahraga.


Riset dan industri peralatan olahraga dunia telah mengalami lompatan luar biasa. Hal itu ditandai dengan desain peralatan olahraga melalui riset yang melibatkan teknologi canggih. Contohnya adalah penggunaan perangkat desain dari Dassault Systemes yang terdiri dari aplikasi, layanan, dan metodologi yang membahas kebutuhan unik pelanggan di industri peralatan olahraga. CATIA, misalnya, digunakan untuk membuat produk secara virtual, SIMULIA untuk simulasi realistis, DELMIA untuk digital manufaktur, ENOVIA untuk kolaborasi dan manajemen proses bisnis, serta 3DVIA untuk kepentingan konsumen.


cetak.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar