19 Maret 2010

Kungfu Di Dunia




Kung fu adalah ilmu bela diri dari tiongkok. Akan tetapi, arti kata kung fu yang sebenarnya memiliki makna luas, yakni sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dan dengan ketekunan yang sungguh-sungguh. Sehingga seorang ahli memasak yang hebat pun dapat dikatakan memiliki kung-fu yang tinggi.
Selain kata shaolin kungfu, istilah wushu dan kun dao juga sering dipakai untuk menyebut ilmu bela diri dari tiongkok. Sedangkan ilmu kungfu yang sudah menyebar ke asia tenggara (terutama indonesia) di masa lalu disebut kuntao, menurut donn draeger dalam buku beliau yang berjudul weapons and fighting arts of indonesia. Namun di masa kini, istilah kuntao tersebut sudah sangat jarang dipergunakan.
Seperti ilmu bela diri lain pada umumnya, bela diri kung fu berkembang dari kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Baik untuk membela diri dari serangan binatang buas, berburu untuk makan, maupun untuk berperang. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang obat-obatan dan tubuh manusia di tiongkok - serta perang saudara yang berkepanjangan dan sering, seni bela diri kung fu pun berkembang pesat dan menyebar luas, sehingga membawa banyak kontribusi bagi berbagai jenis macam ilmu bela diri di [[asia]), seperti karate, kempo, pencak silat dan lain-lain.
Shaolin kungfu mempunyai sejarah dan tradisi ilmu bela diri yang sangat panjang dan ketat, kurang lebih 5000 tahun yang lalu bersamaan dengan munculnya aliran kepercayaan taoisme yang kelak akan berkembang menjadi agama. Pada tahun 2500-an, mulai bermunculan berbagai aliran kungfu yang melegenda hingga kini, dimulai dari kuil shaolin (siaw liem sie), wudang (butong), omei (emei-gobi), kun lun, huasan, khongtong dan lain-lain. Secara umum, terdapat 100 lebih aliran kungfu dan ribuan jurus serta berbagai jenis ilmu yang unik dan aneh, mulai dari yang paling keras dan ganas (external arts) hingga ilmu yang paling lembut dan ringan seperti kapas (internal arts). Berbagai aliran dan ilmu-ilmu yang masih eksis hingga kini adalah hung gar, lohan, ngo cho, pek ho, eng jiaw, qin na, wing chun, tai chi quan, hsing i, ba gua, yi quan, fan zi quan, chang quan dan lain-lain.

Http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar