15 Maret 2010

Olahraga Di Rumah, Praktis Dan Murah !



Jadwal padat, anggaran terbatas, cuaca buruk.... Seribu satu alasan bisa ***tarakan untuk menghalangi diri beranjak menuju pusat kebugaran.

Kenapa tidak berolahraga saja di rumah? Syaratnya kedisplinan supaya anda berkomitmen terhadap jadwal. Anda mungkin merasa merugi jika sudah membayar pusat kebugaran, tetapi tak menggunakan layanannya. Kalau di rumah, anda bisa mengatur kapan saja, tanpa biaya, tetapi keberhasilannya bergantung pada niat anda.

Syarat lain, kreativitas dalam menggunakan
alat fitnes dan fasilitas yang ada. Meski tak selengkap pusat kebugaran, anda masih bisa menjalankan program penurunan berat badan dengan fasilitas seadanya, yang penting kreatif.

The american college of sports medicine menyarankan untuk melakukan aerobik dengan frekuensi rutin sebagai bentuk olahraga di rumah. Olahraga di rumah dilakukan minimal 20 menit, jangan kurang dari itu.

Lantas, apa saja bentuk olahraga di rumah?

1. Fitnes
keterbatasan
alat fitnes bukan jadi alasan untuk berolahraga di rumah. Latihan fitnes di rumah bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni naik-turun tangga. Jika anda tinggal di apartemen, gunakan tangga dan hindari elevator. Jika tidak ada tangga, gunakan undakan pada lantai dan atau kursi panjang atau balok yang ada di rumah anda untuk melakukan gerakan aerobik berpusat pada kaki. Jika fasilitas tersebut tidak ada juga di rumah, investasi kecil jadi pilihannya. Beli alat olahraga model undakan yang cocok untuk latihan aerobik.

2. Fitnes dengan nintendo wii
bagi penggemar permainan nintendo wii, olahraga bisa dilakukan sembari bermain. Konsol virtual dari permainan ini memungkinkan anda untuk mengikuti permainan sekaligus mempraktikkannya dalam gerakan. Pilih permainan yang khusus untuk olahraga. Jadi memudahkan untuk bergerak membakar lemak sambil tetap asyik main gim. Program wii fit bahkan sudah mulai populer di amerika. Kombinasi fitnes dengan gim ini disesuaikan dengan gerakan aerobik. Tak heran jika program ini dianggap mampu membakar kalori secara terukur.

3. Menari
pasang lagu yang bersemangat dan mulailah gerakan tarian yang anda kenali atau gunakan panduan melalui layar kaca.
Menari dengan kaki telanjang atau menggunakan kaus kaki bisa meningkatkan keseimbangan tubuh. Bermain dengan anak-anak, berlarian di halaman (jika halaman rumah anda luas), juga bisa membakar kalori. Aktivitas anak-anak bisa dengan mudah membuat orang dewasa kelelahan, bukan?

4. Dvd aerobik
dvd berisikan panduan aerobik banyak beredar di toko. Belilah beberapa model latihan aerobik dan sesuaikan dengan kebutuhan serta tingkat kesulitannya. Pasang di rumah dan mulai praktikkan. Dijamin anda bisa berkeringat hanya dalam beberapa menit.

5. Latihan kekuatan
latihan kekuatan bisa meningkatkan rmr (resting metabolic rate) yang mampu mempercepat penurunan berat badan. Kombinasi gerakan latihan ketahanan tubuh bisa menggunakan bola keseimbangan.



Http://m.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar