28 Desember 2010

Polemik Lambang Garuda Di Kaos Timnas Kita

Di balik ketangguhan timnas, lambang negara Garuda Pancasila nampak gagah di dada para pemain. Lambang di kaos bola berwarna merah ini seakan membuat spirit tersendiri bagi pemain untuk menggulung lawan-lawannya.

Namun ternyata euforia itu tidak dirasakan oleh David Tobing. Pengacara kawakan ini berencana menggugat pemakaian lambang Garuda di kostum timnas. Pemakaian lambang Garuda di kostum timnas dipandang sebagai pelecehan dan pelanggaran oleh pengacara berdarah Batak ini, maka dirinya melayangkan gugatan kepada PSSI. “Hari ini saya akan mendaftarkan gugatan citizen law suit (gugatan warga negara) terhadap PSSI ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar pada pertandingan semifinal kostum Timnas tidak memakai Lambang Negara,” kata David yang juga dikenal sebagai pengacara publik ini.


Menurut David, hal tersebut tidak lazim, karena selama ini yang dicantumkan di baju tim sepakbola adalah logo sponsor, merek kaos dan logo organisasi sepakbolanya. Selain itu, yang sering dilihat di dada kiri adalah lencana atau atribut yang berbentuk pin berpeniti.

“Saya ikut menyayangkan mengapa ada gambar Garuda di (baju) Timnas. Penggunaan Lambang Negara Garuda di kostum kesebelasan Timnas Indonesia telah melanggar Undang-Undang No 24/2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan lagu Kebangsaan. Kaos bola berpotensi dikotori, robek, dan bahkan terkena tendang, terkena sikut, dilempar setelah dipakai. Dan harus diingat lambang negara yang ada di kaos bola pun akan mengalami hal yang sama. Hari ini saya akan mendaftarkan gugatan citizen law suit (gugatan warga negara) terhadap PSSI ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar pada pertandingan semifinal kostum Timnas tidak memakai Lambang Negara,” tegas David.

Tindakan David ini memang terbilang nyeleneh dan menimbulkan sejumlah pro dan kontra, diantaranya dari anggota DPR Roy Suryo dan sejarahwan Asvi Warman Adam.Pihak PSSI pun ikut buka suara mengenai polemik ini. Mereka mengatakan lambang Garuda tersebut sudah ada di baju timnas Indonesia sejak 1956. “Dari dulu kita pakai lambang burung Garuda. Tidak ada masalah. Karena mereka mewakili negara, bukan PSSI,” kata Max Boboy, Direktur Hukum dan Peraturan PSSI.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar