20 Januari 2010

Tips Olahraga untuk Yang Aktif


American Heart Association menyatakan, olahraga teratur mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, mengontrol berat badan, memperbaiki kadar kolesterol darah, mencegah dan mengatur tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis dan meningkatkan kadar energi.

Masih juga tak punya waktu untuk olahraga? Berikut ini tip dari Ricahard Cotton, juru bicara American Council on Exercise.

1. Olahraga di rumah
Buat pusat kebugaran di rumah hanya dengan bermodalkan alat olahraga berupa treadmill dan dumbel atau cukup baju, sepatu dan video senam aerobik. "Di rumah Anda bisa olahraga malam hari setelah kerja," kata Cotton.

2. Investasi sepatu olahraga
Jalan kaki adalah olahraga sederhana yang bermanfaat untuk kesehatan. Coba turun dari kendaraan lebih jauh sehingga Anda punya kesempatan berjalan kaki. Jangan lupa pakai sepatu yang nyaman.

3. Praktik kebugaran di kantor
Hindari lift, naiklah lewat tangga. Atur alarm di komputer sebagai pengingat untuk berdiri sejenak, meregangkan tubuh dan bergerak setiap jam.

4. Cukup 30 menit sehari
Itu yang disarankan American Heart Association, tetapi tak perlu memaksakan diri jika tak sempat. Menurut Journal American Medical Association, dua sampai tiga kegiatan yang cukup menguraas tenaga selama 10-15 menit puny khaaiR sama seperti olahraga 30 menit sehari.

5. Pilih waktu sendiri
Penelitian majalah Prevention menyebutkan, orang yang senang olahraga pagi cenderung lebih disiplin dengan program latihan. Untuk orang yang menilai latihan pagi hari itu menyiksa, buat catatan mengenal waktu, tempat, dan cara yang cocok bagi Anda rutin berolahraga. Sempatkan berlatih di waktu yang cocok itu.

6. Bergabung di pusat kebugaran
Pilih klub dekat rumah atau tempat kerja. Kunjungo dulu apakah tempatnya menyenangkan, apakah Anda harus antre untuk mencoba satu alat olahraga? Adakah locker, kamar mandi, dan tempat parkir yang memadai?

7. Sewa pelatih pribadi
pelatih pribadi akan membantu Anda merancang latihan yang sesuai dengan gaya hidup, tujuan, dan mencegah cedera. Oprah Winfrey sukses menurunkan berat badan secara sehat setelah menyewa pelatih pribadi.

8. Lakukan sesuatu
Jangan duduk diam ketika menunggu anak-anak bermain atau les piano. Gunakan waktu untuk jalan-jalan. Bisa juga Anda turut bermain bersama mereka. Anak Anda jelas lebih bahagia jika orang tuanya turut bermain.

9. Lebih aktif
Ketika menghabiskan waktu bersama anak-anak, pilih berenang atau bersepeda, jangan menonton televisi. Saat bermain golf, pilih jalan kaki, jangan menyewa cart.

10. Aktif saat berpergian
Saat berpergian dinas ke luar kota, tinggalah di hotel yang memiliki pusat kebugaran dan kolam renang. Luangan waktu olahraga di sela-sela kesibukan. Sebelum makan malam, jalan-jalanlah sejenak.

susukolostrum.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar