31 Mei 2010

Alpha Minivan Hibrida,mobil toyota teranyar

Toyota, produsen mobil nomor satu di dunia terus bergerak maju dengan menambah rangkaian varian Prius hibrida plug-in tahun depan. Kali ini model tersebut bukan lagi liftback, melainkan minivan atau MPV kompak yang diberi nama Alpha.

Hebatnya lagi, proyek hibrida terbaru ini telah dijadikan prioritas dengan target peluncuran pada bulan Maret tahun depan. Minivan hibrida ini menurut informasi langsung menggunakan baterai lithium-ion. Namun, untuk menekan harga Toyota, Toyota menyertakan versi dengan baterai yang digunakan Prius sekarang, Nikel Metal Hidrida (NiMH).

Rencana Toyota tersebut diberitakan oleh beberapa media on-line otomotif internasional yang mengaku memperoleh sumber dari orang dalam Toyota. Dijelaskan pula, bobot baterai lithium-ion baru Toyota ini hanya sepertiga dari versi NiMH yang digunakan sekarang pada Prius.

Alpha atau Prius Alpha menggunakan sasis Prius terakhir dengan tambahan jok baris ketiga di belakang sehingga mengubah ujud kendaraan menjadi minivan. Toyota memilih nama Alpha untuk memudahkan sebutan langsung setelah Prius. Minivan ini diberitakan lebih panjang 300 mm dari Prius dan jarak sumbu roda mulur 20 mm.

Toyota juga berencana membuat versi lima penumpang. Namun, varian ini masih mengandalkan baterai NiMH. Diperkirakan, minivan 7 penumpang Prius hibrida ini dijual di Jepang dengan harga Toyota mulai dari 2,5 juta yen atau Rp 250 juta. Ia akan menjadi saingan berat bagi minivan yang banyak dipasarkan di Jepang saat ini.

Kendati rencana Toyota meluncurkan Prius Alpha tahun depan bocor, belum ada media yang memiliki foto, gambar, atau rendering mobil tersebut. Foto yang dimuat adalah konsep hibrida X yang pertama kali diperkenalkan oleh Toyota saat Pameran Mobil Jenewa pada 2007. Waktu itu, sudah berhembus informasi bahwa hibrida ini akan menjadi varian tambahan buat Prius generasi berikutnya.

otomotif.kompas.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar