23 September 2010

Berkarir di Perusahaan Penambangan Minyak dan Gas

Tidak dipungkiri, dikalangan pencari kerja di Indonesia terutama fresh graduate, bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang penambangan adalah cita-cita dan impian. Bagaimana tidak, selain terkenal sebagai perusahaan yang memberikan kompensasi tinggi kepada karyawannya, bekerja di perusahaan tambang juga memberikan prestige atau gengsi tersendiri bagi karyawannya.


Asumsi dari job seeker tersebut memang benar. Dari berbagai survey yang dilakukan, rata-rata gaji karyawan entry level yang diberikan perusahaan penambangan atau diperusahaan minyak dan gas jauh diatas rata-rata gaji karyawan yang baru masuk diperusahaan lainnya. Di satu-satunya BUMN yang mengelola penambangan minyak dan gas di Indonesia, gaji pokok fresh graduate bisa mencapai Rp. 4 juta - Rp. 8 juta, tergantung dengan posisi dan kualifikasi yang dimiliki karyawan. Konon di perusahaan asing, jumlah tersebut bisa lebih besar lagi.


Kompensasi yang diberikan kepada karyawan perusahaan tentunya jadi daya tarik menggiurkan bagi setiap pencari kerja. Apalagi Indonesia memang memiliki banyak ladang minyak dan gas yang sudah maupun belum diekspoitasi sehingga banyak perusahaan asing menanamkan modal mereka di negara ini. Inilah yang seringkali dilihat sebagai kesempatan bagi pencari kerja yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang ini.


Berdasarkan data dari JobsDB.com, beberapa posisi favorite yang sering dibutuhkan perusahaan penambangan minyak dan gas adalah berikut ini :

1. Senior Geologist / Geologist
2. Health Safety & Environment Officer
3. Geophysicist


Senior Geologist
Tanggung jawab dari seorang Senior Geologist meliputi setiap aktifitas geologi yang berkaitan dengannya di setiap tambang. Professional bidang ini akan bekerja sama dengan tim pengeboran untuk merencanakan, memulai dan melaksanakan program eksplorasi. Perencanaan akan dimulai dari riset, review dan menilai data geologi dan geofisika dari sebuah area tambang. Seorang Geologist senior harus mensupervisi setiap aktifitas selama proses pengeboran dan eksplorasi, mengembangkan dan menjaga model geological untuk setiap area eksplorasi. Lingkup kerjanya juga mencakup memperbarui database geologi, menganalisa remedial lingkungan dan kesiapan menghadapi berbagai bencana alam. Karena akan memimpin tim yang kebanyakan juga terdiri dari Geologist, seorang Senior Geologist juga memiliki kewajiban untuk memberikan bimbingan atau mentoring kepada juniornya. Kualifikasi minimal yang harus dimiliki seorang kandidat yang ingin menjadi Senior Geologist antara lain


1. Memiliki gelar sarjana Geologi
2. Menguasai modeling software
3. Paling tidak berpengalaman selama 10 tahun di industri yang sama
4. Memiliki kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik


Health Safety and Environment Senior Officer
Posisi ini diciptakan untuk menjamin dan memberikan lingkungan kerja yang kondusif bagi kesehatan dan keselamatan karyawan dan keluarganya. Di lingkungan industri tambang, divisi Health Safety and Environment memiliki misi untuk meminimalisir bahkan menghilangkan kemungkinan terjadinya kesalahan, kecelakaan kerja dan penyakit yang bisa ditimbulkan dari lingkungan kerja melalui berbagai usaha pencegahan dan riset. Seorang executive senior SHE bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengaplikasikan dan memonitor setiap karyawan dan kontraktor agar mematuhi setiap ketentuan dan standar keselamatan dan kesehatan lingkungan yang telah ditetapkan.

Kualifikasi yang disyaratkan untuk bekerja di bidang ini adalah

  1. Memiliki paling tidak gelar sarjana dibidang yang terkait dengan penambangan dengan pengalaman paling tidak 5 tahun.
  2. Karena seringkali peraturan keselamatan tiap industri penambangan berbeda, dibutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai perijinan, peraturan keselamatan, sistem manajemen dan audit, berbagai jenis pelatihan dibidang keselamatan, kesehatan dan lingkungan.
  3. Soft skill yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk menganalisa keadaan dan kebutuhan perusahaan dengan akurat, memiliki integritas tinggi dan berkomitmen dengan keselamatan tenaga kerja.


Geophysicist
Profesional Geophysicist banyak bekerja di lapangan dan laboratorium karena pekerjaannya akan banyak dilakukan di tambang dan penelitian. Hal yang unik dari profesi ini adalah seringkali harus menggunakan berbagai alat seperti bahan peledak, sonar, berbagai radar dan peralatan laboratorium lainnya. Beberapa tanggung jawab seorang Geophysicist antara lain adalah menghitung, menganalisa keadaan fisik bumi secara keseluruhan, termasuk menentukan peralatan dan metode yang cocok dengan keadaan keadaan bumi sebelum eksplorasi dilakukan. Seorang Geophysicist harus memiliki kemampuan untuk menerjemahkan data yang diperoleh kepada anggota tim, klien, manajer senior dan rekannya dalam presentasi .


Spesialisasi tertentu sangat penting bagi seorang Geophysicist untuk menunjukkan nilai tambahnya. Contohnya seperti menjadi seismologist ('membaca' gerakan bumi, gempa), tectnophysicist (mempelajari lempeng tektonik).


Pendidikan yang wajib dimiliki untuk bekerja sebagai geophysicist adalah sarjana teknik geofisika, walaupun dalam prakteknya makin banyak perusahaan mensyaratkan calon karyawannya untuk memiliki gelar Master bahkan Ph.D atau pengalaman minimal 3 tahun. Karena posisi ini berhubungan dengan banyak divisi lain maka keahlian komunikasi sangat dibutuhkan sama halnya dengan kemampuan untuk mengatasi masalah sesuai dengan urgensi waktu.


careers, Jobs Indonesia, Indonesia Vacancy

Bookmark   and Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar