30 Juni 2010

Iklan Politik Ramai - ramai Serang Media Televisi

Tidak semua partai politik mampu “membeli” durasi jam tayang iklan di televisi. Beruntung ada beberapa acara yang -langsung maupun tidak langsung– memfasilitasi tampilnya kampanye partai politik seperti Kontes DeParpol, Debat Parpol, Debat Kandidat dan acara yang tidak langsung yang sengaja menghadirkan narasumber berlatar belakang partai Politik.

Fenomena tersebut berubah seiring bertambahnya stasiun televisi swasta (apa ada stasiun televisi negeri? Booming iklan kampanye partai politik terjadi ketika pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2009. Ada 3 faktor yang saling berkaitan;

1. Industri Pertelevisian memandang bahwa aktifitas partai politik menjadi bagian dari komoditas media untuk konsumsi publik yang bisa dijadikan lahan pendulangan uang.

2. Partai Politik memandang bahwa keberadaan televisi dianggap efektif untuk dijadikan media penyampaian visi dan misi untuk sampai kepada masyarakat tanpa harus terjun langsung ke lapangan.

3. Dunia Advertisement memiliki peran penting. Semarak kehadiran agen-agen periklanan menawarkan produk dari konsep, design hingga visualisasi iklan yang memungkinkan bisa menjerat hati masyartakat dalam konteks pendulangan suara.

Ketiga faktor tersebut memunculkan fenomena iklan kampanye partai politik (juga presiden dan wakil presiden) yang akan semakin semarak menjelang pemilu 2009. Secara umum, konsep iklan tersebut tidak jauh berbeda dengan konsep media pasang iklan produk pada umumnya.

Sejauh mana iklan semacam itu mampu mendongkrak popularitas elite politik dan menjadi media pendulangan suara, akan sangat bergantung pada sudut pandang masyarakat. Sebab, jatuhnya pilihan masyarakat terhadap partai politik, kini tidak semata-mata bergantung pada popularitas elite politiknya, di samping kuatnya ancaman golput, masyarakat nampaknya justeru mengalami kebingungan; tidak hanya sistem pemilunya yang baru, tapi juga banyaknya partai politik peserta pemilu, serta kebosanan terhadap janji-janji kampanye.

Sumber : kangnawar.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar