22 Juni 2010

Seremoni Makan Bagi Orang Cina

Makan merupakan kegiatan utama bagi Orang Cina. Berikut beberapa seremoni makan:

1.Kedatangan tamu

Biasanya orang kaya akan menerima tamu 5 s.d 7 kali seminggu, sedangkan orang yang berasal dari kelas yang lebih rendah akan menerima 1 s.d 3 kali seminggu. Tuan rumah akan menyediakan makanan sementara tamu menunggu di ruang tamu sambil menikmati kwaci. Kesungkanan tamu akan dianggap sebagai hal biasa saja oleh tuan rumah yang akan mengajak tamu untuk menikmati makanan kecil dengan minuman teh di sore hari atau hidangan chinese food di malam hari.

2.Tahun baru

Tahun baru akan dirayakan dengan cara bertukar makanan antar kerabat atau saling mengundang ke rumah yang dijadikan tempat utama untuk menikmati makanan bersama.

3.Festival perahu naga awal musim panas

4.Festival pertengahan musim gugur

5.Acara ulang tahun

6.Pertemuan dengan teman baru

7.Perpisahan dengan teman

Makan merupakan cara untuk mengawali dan mengakhiri sebuah hubungan bagi Orang Cina. Anak-anak akan meminta makanan sehari sampai dengan 3 kali untuk membuat mereka tetap merasa senang. Pengeluaran terbesar bagi mereka dari setiap tingkat usia bukanlah pengeluaran untuk pendidikan atau buku, melainkan untuk bersantap makanan kecil, makanan utama dan bersosialisasi. Moralitas yang paling penting bagi mereka adalah memberi makanan untuk orang tua. Memasak merupakan hal yang penting bagi para gadis yang telah cukup umur. Perceraian bisa saja terjadi hanya karena sang istri tidak mampu menyiapkan makanan dengan baik. Seorang suami akan merasa sangat bangga bila memiliki istri yang bisa memasak dengan baik. Seorang suami akan mencari istri lain bila mereka tidak memperoleh anak laki-laki dari istri pertama dan membeli sebidang tanah untuk mereka olah. Dengan cara ini mereka akan memperoleh anak laki-laki yang mampu menghias kuburan sang ayah dengan semangkuk nasi dan daging.


Sumber bacaan:

Chen, Zischan. 2005. Food and Chinese Culture. Long River Press: San Fransisco.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar