07 Juni 2010

belajar membaca untuk si buah hati

Mengajari belajar membaca anak memang susah-susah gampang :)dan ini dibutuhkan kesabaran orang tua. Karena semakin orang tua tidak sabar, semakin susah anak untuk menangkap apa yang diajarkan, akhirnya jadi marah-marah hehehe dan dimalam hari saat melihat dia tidur… jadi trenyuh :)sebagian dari kita tentu pernah mengalami hal yang demikian itu.

Anak tidak bisa dipaksakan untuk berkembang secepat yang kita inginkan. Seperti halnya tanaman, perlu proses dari biji, kemudian tunas, kemudian menjadi pohon dan berbuah. Kalau tanaman kita paksa tumbuh cepat agar segera berbuah dengan memberikan pupuk yang melebihi dosis apa ya yang terjadi? Itulah sebabnya belajar membaca anak harus dilakukan dengan sabar. Akan lebih bijak kalau diberikan pujian-pujian (meskipun masih salah dalam membaca) daripada dimarahin :).

Dalam mengajari anak, kita perlu masuk ke dunia mereka, dunia anak-anak. Mungkin dengan mengajak bermain dengan permainan yang anak gemari, misalkan tebak-tebakan nama hewan, tumbuhan dll bisa dijadikan sarana untuk belajar. Permainan tebak2an dengan menyebutkan nama-nama hewan bisa kita akalin dengan “sebutkan nama-nama hewan dimulai dengan huruf k u” otomatis si anak akan berusaha mengeja huruf k dan u dan seterusnya. Permainan ini sangat efektif untuk mengajari anak mengeja, karena disamping permainannya sendiri mengasikkan, juga bisa kita lagukan dengan ceria. Kesabaran menjadi kunci belajar membaca anak agar si anak tidak terbebani dengan pelajaran membaca.

Sumber : belajarmembaca.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar