12 Oktober 2010

Apa Itu Seni Tubug Gyrotonic

Dari kata “gyro” yang berarti cincin atau lingkaran, dan “tonic/ tone” yang berarti melunakkan dan atau memperkuat, Gyrotonic adalah suatu latihan unik yang dapat meningkatkan jangkauan ruang gerak, koordinasi dan kekuatan tubuh melalui gerakan-gerakannya yang bebas, anggun dan berkesinambungan.

Latihan ini memang belum banyak ditemui di Indonesia. Namun, layaknya seperti sebuah trend fashion, Gyrotonic diramalkan akan menjadi sebuah olahraga yang diminati oleh mereka yang menginginkan kelenturan tubuh

Diciptakan oleh seorang pria penari balet dari Rumania bernama Juliu Horvarth, Gyrotonic atau Gyrotonic Expansion System (GXS) memadukan gerakan dari yoga, senam, balet, tai chi dan bahkan olahraga berenang. Berawal di tahun 60-an, Juliu Horvarth mengalami cidera mata kaki yang memaksanya untuk mengakhiri karir sebagai seorang penari dan mencari suaka ke Amerika. Di Amerika, Horvarth fokus berlatih yoga hingga akhirnya ia mengembangkan suatu jenis yoga yang disebut “Yoga for Dancers”, yang pada akhirnya berkembang lebih lanjut menjadi Gyrokinesis, yaitu rangkaian gerak dari Gyrotonic

Saat melakukannya, Gyrotonic pertama-tama akan bekerja memperbaiki struktur energi tubuh, lalu memperkuat struktur rangka dan kemudian otot. Gyrotonic lembut tapi tidak pasif, gerakannya dapat memulihkan fungsi tubuh yang sedang bermasalah dengan baik.

Untuk sekarang, Gyrotonic memang belum sepopuler yoga biasa dan Pilates. Trainer dari Gyrotonic belum terlalu banyak dan mesin khususnya juga belum banyak dikenal di Asia. Tetapi jangan khawatir, Gyrotonic sekarang sudah mulai dipopulerkan lewat internet dan juga fasilitas-fasilitas kebugaran di luar negeri. Percaya dan bersabarlah, niscaya sebentar lagi Anda sekeluarga bisa mencoba dan merasakan kebebasan dalam bergerak!

Sumber - wrp-diet.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar