11 Oktober 2010

Mengenal Olahraga Tradisional Asal Mongol

Tiongkok adalah suatu negara yang mempunyai 56 etnis. Dalam proses perkembangan sejarah yang panjang, rakyat semua etnis bersama-sama telah menciptakan peradaban Tiongkok yang beraneka ragam. Olahraga tradisional etnis minoritas adalah salah satu di antaranya.

Etnis Mongol yang bermukim di padang rumput Tiongkok utara sejak dahulu kala hidup berpindah-pindah mengikuti sumber air dan rumput. Dalam kondisi alam yang berat, mereka telah menguasai keterampilan menunggang kuda, gulat dan memanah.

Dalam Pekan Olah Raga Tradisional Etnis-etnis Minoritas Nasional ke-7 yang berlangsusng baru-baru ini, wartawan sempat bertemu dengan Wakil Kepala Sekolah Olah Raga Amatir Kota Silinhot Daerah Otonom Mongolia Dalam bernama Chaganzana. Ia adalah bekas pegulat yang pernah beberapa kali memperoleh hadiah tingkat nasional. Chaganzana mengatakan,Gulat ala Mongol sudah bersejarah lama dan populer di kalangan warga Mongol sejak abad ke-13. Konon pada waktu itu sengketa diselesaikan dengan adu gulat. Dan setiap ada upacara hajatan besar yang dinamakan Nadam, selalu diadakan pertandingan gulat. Kini, gulat sudah menjadi nomor olah raga massal yang digemari para penggembala etnis Mongol.

Dalam pertandingan gulat, pegulat harus mengenakan pakaian gulat yang terbuat dari kulit sapi atau kain terpal, memakai pita dari kain warna warni di leher, gaun dari sutera berwarna merah, biru dan kuning, celana gulat berwarna putih yang dihiasi sulaman bermotif binatang dan bunga serta mengenakan sepatu lars Mongol. Pegulat dalam pertandingan boleh menubruk, menarik, mendorong dan menjegal, tapi tidak boleh memeluk kaki lawan. Yang jatuh lebih dulu atau bagian lain di atas lutut lebih dulu menyentuh lantai dianggap kalah.

Selain gulat dan pacuan kuda, memanah adalah nomor olah raga yang digemari etnis Mongol. Dulu, anak panah diarahkan ke sasaran terbuat dari kulit yang terletak agak jauh. Kini, pertandingan panahan mengadakan nomor beregu dan perseorangan. Pemanah melepaskan anah panah dengan posisi berdiri ke target sejauh beberapa meter, yang mendapat poin lebih banyak dinyatakan sebagai pemenang.

Sumber - indonesian.cri.cn

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar