12 Oktober 2010

Membentuk Club Futsal Sejak Sekolah Dasar

Futsal merupakan olahraga yang sedang tren dan banyak digemari saat ini. Karena itu, SDN 1 Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan berinisiatif membuat club futsal untuk anak didiknya.

Menyusul keberhasilan Setya Kurniawan, salah satu guru kelas V di sekolah tersebut membawa murid-muridnya meraih juara pertama dalam lomba futsal tingkat kecamatan. "Futsal itu olahraga yang sangat digemari anak-anak SD. Makanya kami berinisiatif membentuk club futsal di sekolah. Untuk olahraga para siswa," katanya.

Ini dilakukan untuk mengarahkan kemampuan atau skill siswa sejak dini. Setya lantas mencontohkan olahraga sepak bola di Indonesia yang hampir tidak pernah mempunyai prestasi di tingkat dunia.

Hal itu disebabkan karena, sejak kecil generasi penerusnya tidak diarahkan pada skill khusus. Bahkan, sejak kecil tidak disiapkan untuk memiliki skill khusus. "Misalnya, kalau sejak SD dididik pada olahraga tertentu, seperti sepak bola atau futsal, saya yakin, besarnya akan menjadi bintang. Yang penting serius, pasti berhasil," terang lelaki yang saat ini aktif di KNPI Kabupaten Probolinggo ini.Setya sendiri dikenal serius melatih dan mengarahkan murid-muridnya dalam bidang olah raga. Tidak heran, anak didiknya selalu meraih juara dalam beberapa lomba di tingkat kecamatan, bahkan kabupaten.

Futsal sendiri di SDN 1 Kalibuntu sudah dirintis sejak awal 2008. "Mulai kelas 3 sampai kelas 6, saya yang menjadi pelatih mereka. Tunggu hasilnya kalau ada perlombaan nanti. Setidaknya, ide ini bisa diterapkan di beberapa sekolah. Tujuannya agar siswa SD punya olahraga yang digemarinya. Tubuh bisa sehat dan pikiran akan cerah," tegas lelaki yang sudah mengajar di SDN 1 Kalibuntu sejak 2004 itu. (rb)

Sumber - probolinggokab.go.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar