19 Oktober 2010

Membangun Kualitas Sepak Bola Indonesia

Saat ini Timnas sedang seret prestasi. Jarang sekali prestasi bergengsi yang dapat kita raih. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir kita malah mengalami hal memalukan. Sempat tampil bagus pada Piala Asia, namun itu hanya prestasi sesaat.

Beberapa pertandingan sempat menampar wajah kita. Kalah dari negeri yang baru berusia satu dekade lebih sedikit, Timor Leste, dan dibantai 7-1 oleh Uruguay di kandang sendiri.

Lalu apa penyebabnya?

Kalau dipikir-pikir bukan hal yang susah untuk mengumpulkan 11 laki-laki muda dari 80 juta laki-laki dewasa di Indonesia. Namun bukan itu masalahnya. Banyak pihak yang menyalahkan PSSI. Terutama karena sampai saat ini lembaga ini masih diketuai orang yang jelas-jelas bermasalah, yaitu Nurdin Chalid. Bahkan kita sudah sempat mendapat kecaman FIFA.

Yang tidak kalah penting adalah perbaikan perangat pertandingan. Saat ini hanya ada 5 wasit sepak bola dari Indonesia yang memiliki sertifikat FIFA. Jumlah yang sangat sedikit untuk kompetisi sebesar Liga Indonesia. Masalah keamanan tak lepas dari sorotan. Mengingta tingkat bentrok antar supporter di Indonesia cukup tinggi, penigkatan fasilitas keamanan juga harus ditingkatkan.

Memang, untuk memperbaiki situasi sepakbola di negeri ini tidak semudah membalik telapak tangan. Perbaikan itu bukan hal yang instan. Butuh jangka waktu yang panjang dan peran dari semua elemen. PT Liga Indonesia sebagai eksekutor utama dan peran masyarakat sebagai pengawas kebijakan rencana pencapaian prestasi Indonesia. Mari kita melangkah bersama untuk meningkatkan prestasi negeri ini. Maju terus sepak bola Indonesia

Sumber - news.okezone.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar