18 Oktober 2010

Spa Sebagai Salah Satu Kebutuhan

Spa kini kian banyak dan tersebar. Bukan hanya di hotel atau daerah-daerah tempat usaha kecantikan, seperti di Jakarta misalnya. Wilayah Kebayoran Baru dan Kemang, spa kini menjamur sampai ke kota-kota satelit Jakarta, seperti Tangerang dan Bekasi.Pergi ke spa juga kini bukan lagi kegiatan akhir minggu dan alasannya tidak terbatas untuk merawat tubuh. Pekerja kantor kerap mengunjungi spa usai rutinitas seharian. Ibu rumah tangga pergi ke spa untuk sekedar memanjakan diri.Sementara itu banyak juga yang memilih spa untuk menghilangkan sakit otot atau bahkan membantu meredakan penyakit kronis. Memang, spa kini sudah berkembang jauh dari pengertian awalnya.

Berendam dan minum air

Sejarah spa yang paling banyak disebutkan adalah berasal dari Belgia. Pada abad 16, ,penyakit defisiensi zat besi dapat disembuhkan dengan cara berendam dan minum air dari mata air yang banyak mengandung zat besi.Berangkat dari situ pula muncul istilah spa dari kata-kata solus per aqua, yang berarti perawatan dengan menggunakan air. Pada perkembangannya perawatan spa tidak hanya berendam di air.

Kini, khususnya di Indonesia, Paket spa biasanya diawali dengan memijat tubuh menggunakan minyak tertentu. Perawatan ini bertujuan untuk mengendurkan otot yang kaku sehingga tubuh menjadi rileks. Tahapan berikutnya biasanya pembaluran dan penggosokan tubuh, biasa dikenal sebagai body scrub, dengan rempah tertentu untuk mengangkat sel kulit mati.

Setelah itu, tubuh akan dibalurkan lagi dengan rempah lainnya dan dibungkus dengan selimut khusus atau daun. Dan terakhir barulah proses berendam atau mandi. Banyak juga paket spa dilengkapi perawatan rambut, wajah bahkan bagian intim. Tentunya, dengan perawatan lengkap itu, tujuan spa bukan lagi mengatasi penyakit kekurangan zat besi, tapi merileksasi, membersihkan tubuh, serta menjaga kebugaran dan kecantikan.

Sumber - mediaindonesia.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar