05 Oktober 2010

ISL Berencana Menggunakan 5 Wasit

Coba bayangkan apa yang ada dibenak kita saat melihat ada 5 pengadil lapangan hijau berjalan beriringan ke dalam lapangan?? siapakah dua ofisial pertandingan

tambahan itu dan apa tugas mereka??

Dalam draft resmi dari FIFA tambahan 2 orang asisten wasit itu disebut AARs atau additional assistant referees. Tugas keduanya adalah berada disekitar garis gawang untuk membantu wasit dalam menentukan beberapa keputusan. Seperti, apakah bola telah melewati garis gawang?, memberikan informasi kepada wasit utama jika terjadi diving atau pelanggaran, dan melaporkan semua hal yang luput dari pengamatan wasit utama dan hakim garis. Mereka juga mengenakan atribut yang sama dengan hakim garis dan dilengkapi dengan alat komunikasi radio untuk melapor kepada wasit dan hakim garisWalaupun dua asisten tambahan ini mempunyai tugas yang jelas, tetapi keduanya tidak punya hak untuk menghentikan pertandingan bola, mereka hanya berhak memberikan informasi tanpa berhak memberi sanksi yang berpotensi menghentikan jalannya pertandingan. Itulah sebabnya dua asisten tambahan ini tidak dibekali dengan perangkat yang sama dengan 3 wasit lain.

Musim kemarin, penggunaan 5 wasit sudah diaplikasikan di beberapa zona dan negara meskipun tidak semuanya berjalan sesuaidengan harapan. Bahkan UEFA yang sudah menerapkan sistem 5 wasit musim kemarin pada beberapa laga Europa League mendapati banyak laporan kesalahan yang diakibatkan oleh wasit tambahan pada awal penggunaannya. Tetapi UEFA dan FIFA optimis musim ini penggunaan 5 wasit aka semakin sesuai dengan harapan.

Tak terkecuali di kompetisi kasta tertinggi negeri ini, Indonesia Super League. Menarik menunggu bagaimana langkah PSSI dalam hal ini komisi wasit menindaklanjuti 2 ofisial tambahan ini. Bukan rahasia umum lagi kalau selama ini kinerja wasit Indonesia sangat buruk dalam memimpin pertandingan. Ketua komisi wasit PSSI Togar Manahan Nero ketika disinggung masalah ini berdalih bahwa Indonesia belum siap menerapkan 5 wasit dalam 1 pertandingan dengan alasan AFC belum menyosialisasikan aturan tersebut kepada PSSI.Menurutnya, AFC belum memberikan instruksi kepada anggotanya untuk menerapkan sistem 5 wasit ini karena masih akan diujicobakan pada semifinal dan final Piala Presiden pada 24-26 September di Myanmar. Apabila ujicoba ini positif, bukan tidak mungkin AFC akan menginstruksikan anggotanya untuk menggunakan sistem ini.

Sumber - wearemania.net

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar