06 Oktober 2010

Latihan Kecepatan Dalam Olahraga Basket

Dalam Latihan bola basket, kecepatan sangat penting. Coba anda lihat pada permainan basket dan tunjuk seorang pemain yang lambat tapi bagus…tidak ada bukan? Tentu saja karena itulah bagian terpenting dalam basket. Karena itu latihan untuk membangun kecepatan dalam basket sangat penting juga.

Sebagai contoh, dalam situasi permainan, anda mungkin perlu untuk dengan cepat segera berlari ke kiri untuk mengambil umpan rekan anda dan kemudian lari serong ke kanan untuk masuk melewati pertahanan lawan dan pass ke rekan anda. Inilah kecepatan basket.Sekarang kita tahu kecepatan basket itu apa dan sekarang kita tahu bahwa kecepatan basket akan membuat kita bisa mengalahkan musuh. Pertanyaan berikutnya, “ Bagaimana saya bisa meningkatkan kecepatan basket saya?” Pertanyaan yang bagus. Mari kita lihat jawabannya.

Karena kecepatan basket adalah kombinasi dari kemampuan akselerasi dan waktu reaksi, akan sangat masuk akal jika kedua hal ini ditingkatkan. Tetapi, jujur saja bahwa kecepatan reaksi seseorang seringkali lebih ditentukan oleh genetiknya. Karena itu kita akan fokus pada kemampuan akselerasi. Akselerasi berdasarkan kemampuan untuk mengatasi beban tubuh anda sendiri dan mendorong secepat mungkin.

Untuk mengatasi yang pertama (beban tubuh), kuncinya adalah menjadi lebih kuat. Dengan anda mempunyai kekuatan, maka tubuh anda akan terasa lebih ringan dan tentunya lebih mudah untuk bermanuver.

Untuk mengatasi yang kedua, ada dua hal yang dapat anda lakukan. Yang pertama adalah latihan sprint atau lari cepat. Tetapi ini bukanlah tipe sprint normal seperti yang anda pikirkan, dimana anda berlari secepat mungkin sejumlah waktu tertentu, beristirahat pada periode yang pendek, kemudian sprint lagi. Disini kita menyebutnya conditioning.

Sprint yang sebenarnya perlu berkualitas yang lebih tinggi, dengan istirahat lebih dari cukup antar sprint. Periode istirahat yang lebih panjang ini bisa memastikan anda tidak kelelahan dari sprint yang sebelumnya

Sumber – 88db.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar